Perbedaan Hadas dan Najis disertai Tabel Perbedaannya

Hadas dan najis memiliki perbedaan. Keduanya pun harus disucikan dengan cara yang berbeda. Najis merupakan kotoran yang bisa berasal dari mana saja. Sebagai contoh najis ringan berasal dari kotoran hewan, dan juga macam-macam najis lainnya. Ketika tempat salat, tubuh, atau pakaian terkena najis maka kita harus menyucikannya dengan cara membersihkan dengan air.
    Berbeda dengan najis, hadas merupakan suatu keadaan tubuh yang mewajibkan untuk bersuci. Hadas tidak selalu berbentuk najis. Misalnya ketika buang angin, maka kita mengalami hadas kecil. Tetapi kita tidak perlu membasuh dengan air. Cara menyucikannya cukup dengan berwudu. Hal ini tentu berbeda dengan buang air. Kita harus membersihkan tubuhmu dengan air, kemudian berwudu.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa najis berbeda dengan hadas.
  • Hadas adalah kondisi tubuh yang tidak suci, sedangkan
  • Najis adalah ujud segala kotoran, baik yang berasal dari tubuh maupun dari luar tubuh.
Najis yang berasal dari tubuh misalnya air kencing, sedangkan yang berasal dari luar tubuh misalnya kotoran hewan, air liur anjing, dan sebagainya.

Agar lebih jelas mengenai perbedaan hadas dan najis, perhatikan tabel berikut ini.
No
Hadas
Najis
1Berasal dari tubuhBerasal dari tubuh atau dari luar tubuh
2Cara mensucikan dengan berwudu atau mandi wajibCara membersihkannya dengan air
3Contohnya buang angin, buang air, haid, nifas, keluar air mani, bersetubuhContohnya air kencing, kotoran hewan maupun manusia, darah, air liur anjing, dan sebagainya.
4Menyucikan hadas harus diawali dengan niatMenyucikan najis tidak harus dengan niat
5Bertaharah dari hadas harus dengan menyucikan beberapa anggota badan tertentu atau dengan mandi. Najis cukup dibersihkan dengan cara membuang benda najis itu dan tempat sekitar melekatnya najis
6Menyucikan diri dari hadas cukup dengan mengguyurkan air ke seluruh tubuh sesuai dengan tata caranya Membersihkan najis harus dilakukan dengan menghilangkan bekas, bau, dan warnanya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Hadas dan Najis disertai Tabel Perbedaannya"

Posting Komentar