Contoh Diskusi dan Soal dari Teks Diskusi

Saat berinteraksi di sekolah maupun di lingkungan masyarakat, ada kalanya kamu terlibat dalam sebuah diskusi. Diskusi adalah suatu bentuk kegiatan yang terdiri atas beberapa orang (bertatap muka secara langsung) untuk bertukar pikiran atau pendapat dan pandangan guna mencari pemecahan suatu permasalahan.

Dalam sebuah diskusi pasti ada perbedaan. Setiap peserta diskusi tentu memiliki pandangan, pikiran, maupun pendapat. Hal ini perlu dihormati oleh seluruh peserta diskusi. Agar mampu menjadi peserta diskusi yang baik, pada pertemuan berikut kamu mempelajari cara menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi yang semestinya disertai bukti dan alasan yang relevan.

Contoh Teks Diskusi

Berikut ditampilkan ilustrasi sebuah diskusi.

Perlukah Ada Ekstrakurikuler Beladiri di SMP?
Pemimpin rapat : Sucipto
Pembina OSIS : Bapak Rusdihardjo
Beberapa peserta rapat yang berbicara :
1. Andriyono
2. Sulami
3. Sulistyawan

Sucipto : ”Dari diskusi ini kita akan menentukan apakah beladiri perlu diadakan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Sebelum teman-teman mengemukakan pandangan, saya persilakan Bapak Rusdihardjo memberi wawasan kepada kami.”

Bapak Rusdihardjo : ”Anak-anak, pada prinsipnya sekolah membebaskan kalian membentuk ekstrakurikuler apa pun asal positif dan memberi manfaat yang menunjang pengembangan bakat dan potensi kalian. Silakan diskusi ini memutuskan apakah kalian perlu membuka ekstrakurikuler beladiri. Berdiskusilah dengan kepala dingin dan mengutamakan akal sehat.”

Sucipto : ”Terima kasih Pak Rus. Secara pribadi, saya rasa ada baiknya kita membuka ekstrakurikuler beladiri. Ini akan menggem-bleng fisik dan mental kita serta memberi wadah positif. Secara jangka panjang, siapa tahu dari SMP kita muncul atlet beladiri yunior, misalnya.”

Andriyono : ”Saya sepakat dengan Sucipto. Dengan ikut beladiri, kita akan memiliki kedisiplinan dan keberanian. Lagian minimal seminggu sekali kita berolahraga sehingga badan kita sehat dan bisa belajar secara baik pula.”

Sulami : ”Maaf teman. Apakah kita yang masih SMP perlu belajar beladiri. Apakah nanti tidak membuat siswa-siswi menjadi sok jagoan dan suka berantem. Bukankah remaja seusia kita memiliki emosi yang masih labil?”

Sulistyawan : ”Benar. Secara pribadi saya tidak setuju dengan adanya ekstrakurikuler beladiri di sekolah ini. Bukannya apa-apa. Kita masih ingat kasus banyak siswa yang jadi korban kekerasan temannya gara-gara tayangan Smack Down dulu. Oke kita bukan SD lagi. Tetapi, bisa jadi kan kita menjadi sok kuat dan akhirnya doyan tawur. Sekali lagi maaf ya atas pikiran ini.”

Sucipto : ”Baiklah. Ketiga pendapat ini kita jadikan acuan dalam diskusi ini untuk mengambil keputusan. Silakan ada pemikiran yang lain?”

Contoh Soal dari Teks Diskusi

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Apakah tema diskusi tersebut?
2. Tunjukkan pendapat yang menyatakan persetujuan!
3. Tunjukkan pendapat yang menyatakan sanggahan!
4. Tunjukkan pendapat yang menyatakan penolakan!
5. Bagaimana menurut pendapatmu mengenai permasalahan tersebut? Berikan argumentasimu!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Diskusi dan Soal dari Teks Diskusi"

Posting Komentar