4 Langkah Cara Menulis Berita dan Contoh Teks Berita

4 Langkah Cara Menulis Berita

Adapun tips atau langkah menulis berita sebagai berikut.

1. Tentukan peristiwa atau kejadian

Berita tersebut mengangkat peristiwa porseni antarkelas tahun 2007. Dalam menulis berita, kamu juga bisa mengungkapkan pengalaman pribadi maupun pengalaman orang di sekitarmu. Ingat, dalam menentukan peristiwa, pilihlah kejadian yang aktual/hangat dan unik.

2. Tentukan sumber berita

Sumber berita tersebut ialah ketua kelas dan wali kelas VIII A serta kepala sekolah.

3. Melakukan wawancara untuk mendapatkan fakta, data, dan opini

Kelengkapan fakta sebuah berita apabila memenuhi unsur 5W 1H, yaitu what (apa), who (siapa), when (kapan), where (di mana), why (mengapa), dan how (bagaimana).
Fakta yang ada dalam berita tersebut:
a. what (apa) : peristiwa yang terjadi adalah lomba pekan olahraga dan seni (porseni) antarkelas di tahun 2007
b. who (siapa) : orang-orang yang terlibat dalam peristiwa ini adalah para siswa tiap kelas, guru pembimbing/wali kelas, dan kepala sekolah
c. when (kapan) : peristiwa dilakukan pada tanggal 7-12 Mei 2007
d. where (di mana) : peristiwa terjadi di SMP Mutiara Bangsa
e. why (mengapa) : mengapa terjadi karena merupakan acara tahunan dalam rangka memberikan wadah positif di akhir semester dan untuk keakraban.
f. how (bagaimana) : bagaimana peristiwanya terjadi? Lomba berlangsung kompetitif baik di bidang olahraga maupun seni

4. Menyusun berita

Berdasarkan data dari sumber-sumber yang telah didapatkan, kamu bisa mulai menulis teks berita. Gunakan kata atau kalimat sederhana, dan buatlah berita secara singkat, padat, dan jelas.


Contoh Berita

Kelas VIII A Juara Umum Lagi
Kelas VIII A SMP Mutiara Bangsa berhasil mempertahankan predikat sebagai juara umum dalam "Porseni Antarkelas 2007" pada 7-12 Mei. Kelas ini menyisihkan 17 kelas lainnya dan mendominasi kemenangan pada cabang olahraga yang dipertandingkan.
"Kelas kami bermain cemerlang pada beberapa cabang olahraga, yakni juara I voli putra dan putri, juara II-III tenis meja putra dan putri, juara I sepak bola, serta juara umum bulu tangkis. Namun, pada bidang seni kami kalah canggih dibanding kelas IX," kata Sujoko, Ketua Kelas VIII A sekaligus ketua tim sukses kelas tersebut, Sabtu (12/5).
Dalam acara penyerahan trofi juara, Bapak Suparman sebagai wali kelas VIII A menyatakan bangga dan terharu atas kekompakan dan keseriusan siswa didiknya untuk mempertahankan gelar juara. Ia mengatakan, "Terima kasih anak-anakku.
Keringat dan semangat kalian telah berbuah manis. Selamat atas usaha kalian."
Penyerahan hadiah dan trofi juara secara simbolis dilakukan oleh Bapak Kuria Effendi, Kepala SMP Mutiara Bangsa. Menurut dia, kegiatan tahunan setiap akhir semester ini merupakan ajang mengaktualisasi bakat dan prestasi siswa, bukan sekadar ajang mencari tenar. "Yang terpenting dalam kegiatan ini adalah rasa kebersamaan antarkelas dan guru serta karyawan," katanya, saat diwawancarai di sela-sela penutupan "Porseni Antarkelas 2007".
Adapun peringkat kedua diraih oleh kelas IX C dengan komando Dwi Setiadi, posisi ketiga dicapai kelas VIII F atas kegigihan ketua kelas, Indri Prawesti. Juara harapan I dan II masing-masing ditempati oleh kelas yang dipimpin Suyanto, kelas VII C, dan kelas IX A yang dimotori Inggrid Swarti. Selain beberapa cabang olahraga tersebut, dilombakan juga pembacaan cerpen, musikalisasi puisi, dan pentas teater.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Langkah Cara Menulis Berita dan Contoh Teks Berita"

Posting Komentar