Contoh Soal Essay tentang Berita (Soal Uraian)

Contoh Berita

Banjir Merusak Fasilitas Umum Ibu Kota
Banjir yang melanda DKI Jakarta dan sekitarnya sejak awal bulan ini, Kamis (1/2), tidak hanya melumpuhkan aktivitas warga kota. Banjir yang ditaksir menimbulkan kerugian sekitar Rp4,37 triliun itu merusak ratusan sarana dan prasarana umum di Ibu Kota.

Banjir yang hingga kini masih menggenangi sebagian besar wilayah DKI Jakarta itu mengakibatkan sejumlah gedung sekolah rusak berat. Di Jakarta Selatan, misalnya, terdapat empat sekolah yang terendam, yakni SMA Negeri 60, SMA Negeri 8, SMA Tarakanita I Pulo, dan SMA Al-Azhar Kemang. Kerusakan paling parah terjadi di SMA 60, yang berlokasi di Jalan Kemang Timur, Kecamatan Mampang, Jakarta Selatan.

Di sekolah ini, ketinggian genangan air mencapai 1,5 meter lebih. Akibatnya, sejumlah ruangan dan fasilitas banyak yang rusak, sehingga perlu perbaikan total. Pemerintah, kata Mendiknas Bambang Sudibyo, kini tengah mencari penyelesaian jangka pendek agar proses pendidikan kembali berjalan normal. Salah satunya dengan memindahkan murid yang sekolahnya terkena banjir ke sekolah yang bebas banjir terdekat.

Solusi jangka panjangnya, kemungkinan dengan memindahkan sekolah-sekolah yang sering terkena banjir ke lokasi bebas banjir.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengaku belum mengetahui jumlah pasti jalan yang rusak, berlubang, dan bergelombang pascamenyusutnya banjir. Hal ini dikarenakan petugas di lapangan masih melakukan pendataan. Namun, Komandan Pengendali Traffic (TMC) Polda Metro Jaya, AKP Sudirman, menyatakan bahwa hampir dipastikan jalan yang digenangi banjir bakal berlubang dan mengalami kerusakan.

Dalam rangka membantu pembersihan kota pascabanjir, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memerintahkan TNI dan BUMN untuk ikut berpartisipasi. “Sekarang sudah terjadi penyusutan air, tapi masih banyak tempat yang harus dibersihkan. TNI dan BUMN saya minta membantu membersihkan kota dengan segala kemampuan yang ada,” kata Presiden SBY. Hal tersebut diungkapkan seusai memimpin rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, kemarin.

Ada beberapa langkah yang diambil berkaitan dengan penanganan tanggap darurat dan rehabilitasi pascabanjir. Presiden SBY memerintahkan agar pemerintah daerah (pemda) memberi bantuan makanan dan keperluan sehari-hari sampai keadaan pulih. Pemerintah daerah akan dibantu oleh pemerintah pusat.

Presiden memerintahkan agar dilakukan upaya untuk menjaga kegiatan ekonomi, khususnya di DKI Jakarta. Presiden juga memerintahkan agar sektor transportasi, sektor energi khususnya BBM dan listrik, sektor perdagangan khususnya sembako, sektor industri dan jasa khususnya telekomunikasi, dan sektor perbankan, dijaga agar tidak berhenti. Perintah lain dari Presiden adalah agar dilakukan pencegahan terjadinya inflasi.|
(Sumber: Seputar Indonesia, 10 Februari 2007, dengan pengubahan seperlunya)


Contoh Soal dari Berita diatas

Kerjakanlah dengan cermat!
1. Tuliskan tema dari berita tersebut!
2. Tuliskanlah pokok isi-pokok isi dari berita diatas!
3. Tuliskanlah kesimpulanmu!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal Essay tentang Berita (Soal Uraian)"

Posting Komentar