Perbedaan Unsur Logam dan Nonlogam | Contoh Unsur Logam, NonLogam, & Semi Logam

Perbedaan Unsur Logam dan Nonlogam - Pada saat ini telah dikenal tidak kurang dari 114 macam unsur yang terdiri dari 92 unsur alam dan 22 unsur buatan. Berdasarkan sifatnya, unsur dapat digolongkan menjadi unsur logam, unsur nonlogam, serta unsur metaloid.

  • Contoh unsur logam di antaranya besi, seng, dan tembaga.
  • Contoh unsur nonlogam di antaranya karbon, nitrogen, dan oksigen. Silikon dan germanium tergolong metaloid.


Tabel Perbandingan Perbedaan Sifat antara Unsur Logam dan Nonlogam



Contoh Macam-Macam Unsur Logam
Tabel Contoh Macam-Macam Unsur Logam


Contoh Macam-Macam Unsur NonLogam

Adapun unsur nonlogam adalah unsur yang tidak memiliki sifat seperti logam. Pada umumnya, unsur-unsur nonlogam berwujud gas dan padat pada suhu dan tekanan normal. Contoh unsur nonlogam yang berwujud gas adalah oksigen, nitrogen, dan helium. Contoh unsur nonlogam yang berwujud padat adalah belerang, karbon, fosfor, dan iodin. Zat padat nonlogam biasanya keras dan getas. Unsur nonlogam yang berwujud cair adalah bromin. Perhatikan contoh unsur nonlogam pada tabel berikut.

Tabel Unsur-unsur nonlogam.
Tabel Unsur-unsur nonlogam


Unsur Semi Logam

Selain unsur logam dan non logam ada juga unsur semi logam atau yang dikenal dengan nama metaloid. Metaloid adalah unsur yang memiliki sifat logam dan non logam. Contoh unsur-unsur jenis ini dapat anda lihat pada-tabel berikut.

Tabel Unsur-unsur Semi Logam
Tabel Contoh Unsur-Unsur Semi Logam

Unsur semi logam ini biasanya bersifat semikonduktor. Bahan yang bersifat semikonduktor tidak dapat menghantarkan listrik dengan baik pada suhu yang rendah, tetapi sifat hantaran listriknya menjadi lebih baik ketika suhunya lebih tinggi.

Apabila dikaji, semua zat terbentuk dari bagian-bagian yang paling sederhana yang disebut unsur. Air dapat diuraikan lagi menjadi gas hidrogen dan gas oksigen. Gula dapat diuraikan lagi menjadi karbon, oksigen, dan hidrogen. Dengan reaksi kimia biasa karbon, oksigen, dan hidrogen tidak dapat diuraikan lagi. Karbon, hidrogen, dan oksigen tergolong unsur. Unsur didefinisikan sebagai zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa.

Pada kondisi normal, banyak di antara unsur ini berupa benda padat, seperti tembaga, emas, besi, dan timbal. Merkuri atau yang lebih dikenal dengan nama air raksa dan brom merupakan contoh unsur yang berwujud cair. Oksigen dan nitrogen adalah contoh unsur yang berupa gas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Unsur Logam dan Nonlogam | Contoh Unsur Logam, NonLogam, & Semi Logam "

Posting Komentar