8 Hadits tentang Menuntut Ilmu (Hadits Manfaat, Keutamaan, Keistimewaan Lengkap)

Hadits menuntut ilmu ~ Islam mendidik umatnya untuk senantiasa belajar atau mencari ilmu. Hal itu terbukti dengan turunnya Al-Qur’an Surah Al-’Alaq ayat 1-5 yang berisi tentang perintah membaca. Membaca adalah rangkaian proses belajar untuk mendapatkan suatu ilmu. Oleh sebab itu, sebagai seorang muslim, kita harus senantiasa berusaha untuk selalu menambah dan memperdalam serta meningkatkan ilmu. Selain ayat-ayat Al-Qur’an, banyak juga hadits yang menjelaskan perintah menuntut ilmu.

Hadits tentang Manfaat Menuntut Ilmu

Semua perkara yang diperintahkan Islam, pasti akan bermanfaat dan membawa kebaikan bagi umatnya. Sebaliknya, perkara yang dilarang Islam, pasti membawa mudarat bagi umatnya (jika dilanggar). Menuntut ilmu adalah perkara yang diperintahan dalam Islam. Dengan demikian, menuntut ilmu membawa manfaat sebagai berikut.

1. Hadits orang yang mencari ilmu memperoleh pahala seperti orang yang berjihad
Hadis orang yang mencari ilmu memperoleh pahala seperti orang yang berjihad
Artinya:
Dari Anas bin Malik berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Orang yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia kembali (ke rumah).” (H.R. Tirmizi: 2571).

2. Hadits menuntut ilmu memunyai kebaikan lebih baik daripada salat seratus rakaat
Hadis menuntut ilmu memunyai kebaikan lebih baik daripada salat seratus rakaat
Artinya:
Dari Abu Zar berkata: Rasulullah saw. bersabda kepadaku: “Hai Abu Zar, keluarmu dari rumah pada pagi hari untuk mempelajari satu ayat dari kitab Allah itu lebih baik daripada engkau mengerjakan salat seratus rakaat .... (H.R. Ibu Majah: 215).

3. Hadits orang yang suka mencari ilmu akan dimudahkan jalannya menuju surga dan dinaungi para malaikat
Hadis orang yang suka mencari ilmu akan dimudahkan jalannya menuju surga dan dinaungi para malaikat
Artinya:
“Barang siapa menempuh jalan mencari ilmu, Allah akan memberikan baginya jalan ke surga. Sesungguhnya para malaikat menaungkan sayap-sayapnya karena senang kepada orang yang menuntut ilmu .... (H.R. Tirmizi: 2606).

Hadits tentang Keutamaan Orang Berilmu

Hidup di zaman modern ini tidaklah mudah. Zaman makin maju ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang makin canggih. Mengingat kondisi seperti itu, kita tidak boleh hanya berpangku tangan menerima nasib. Kita dituntut untuk lebih giat mencari dan mengembangkan ilmu sehingga tidak terlindas oleh perkembangan zaman. Tenaga manusia sudah banyak diganti mesin, hanya orang-orang berilmulah yang nantinya akan tetap bertahan. Bagaimana keutamaan orang berilmu itu?

Islam mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu. Hal itu dimaksudkan agar umat Islam memunyai kedudukan dan kehormatan dalam kehidupan sehingga menjadi umat yang utama. Orang berilmu mendapatkan kedudukan yang istimewa dalam Islam. Selain itu, dengan ilmu umat Islam akan lebih khusyuk dalam melakukan ibadah.

Berikut ini hadits yang menerangkan keutamaan orang berilmu.
Hadis tentang Keutamaan Orang Berilmu
Artinya:
Dari Abu Darda’ r.a. berkata, ”Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda...’Keutamaan orang yang berilmu terhadap orang yang ahli ibadah, seperti keutamaan bulan terhadap semua bintang-bintang. Sesungguhnya ulama (orang yang berilmu) adalah pewaris para nabi. Para nabi tidak mewariskan dinar dan juga dirham, tetapi mereka mewariskan ilmu. Barang siapa mengambilnya, ia telah mengambil bagian yang sempurna.” (H.R. Tirmizi: 2606).

Hadits tersebut menjelaskan bahwa orang berilmu memunyai kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ahli ibadah, apalagi terhadap orang yang tidak ahli ibadah. Orang yang ahli ibadah adalah mulia. Namun, perbuatan itu hanya untuk dirinya, sedangkan orang berilmu, selain untuk kebaikan dirinya, juga memberi kebaikan bagi orang lain.

Hadits tersebut juga menjelaskan bahwa perbandingan orang yang berilmu dengan ahli ibadah adalah seperti keutamaan bulan terhadap bintang-bintang. Bulan memiliki cahaya yang sangat terang, sedangkan bintang yang begitu banyak jumlahnya tidak dapat menerangi bumi. Bintang memiliki cahaya yang hanya dapat menerangi dirinya, sedangkan bulan, selain menerangi dirinya juga dapat menerangi bumi, apalagi jika terjadi bulan purnama. Orang berilmu juga dikatakan sebagai pewaris para nabi. Maksudnya, orang yang berilmu adalah sebagai penyambung dakwah nabi dalam menyampaikan ajaran Allah swt.

Hadits Keistimewaan Orang Berilmu

Orang yang memiliki ilmu memunyai keistimewaan dan keutamaan tersendiri dalam Islam. Keistimewaan dan keutamaan orang berilmu, antara lain sebagai berikut:

Hadits bahwa memiliki ilmu merupakan bekal hidup di dunia dan akhirat
Hadis bahwa memiliki ilmu merupakan bekal hidup di dunia dan akhirat
Artinya:
Dari Abu Hurairah r.a. bahwasannya Raulullah saw. bersabda: Apabila seorang manusia meninggal dunia, terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariah, ilmu yang dimanfaatkan, atau anak saleh yang mendoakannya. (H.R. Muslim:3084)

Memperoleh doa keselamatan dari Allah, para malaikat, dan seluruh penghuni langit serta bumi, bahkan semut di liangnya dan ikan-ikan di lautan
Hadis memperoleh doa keselamatan dari Allah, para malaikat, dan seluruh penghuni langit serta bumi, bahkan semut di liangnya dan ikan-ikan di lautan
Artinya:
Dari Abu Umamah Al-Bahily Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya Allah, para malaikat-Nya, penghuni langit-langit dan bumi hingga semut di liangnya serta ikan-ikan di lautan, sungguh mendoakan orang-orang yang mengajar manusia kepada kebaikan. (H.R. Tirmizi: 2609)

Hadits bahwa orang berilmu memperoleh keselamatan dari laknat Allah swt
Hadis bahwa orang berilmu Memperoleh keselamatan dari laknat Allah swt
Artinya:
Dunia itu terkutuk dan juga segala isinya, kecuali zikir dan taat kepada Allah serta orang alim (berilmu) dan orang yang belajar. (H.R. Ibnu Majah: 4102).

Hadits tentang Manfaat Orang Berilmu

Allah swt. dan Rasulullah saw. sangat menyukai orang-orang yang berilmu. Selain memiliki beberapa keutamaan, orang berilmu juga memiliki manfaat bagi orang lain. Manfaat orang berilmu antara lain sebagai berikut.
Hadis tentang Manfaat Orang Berilmu
Artinya:
Perumpamaan petunjuk dan ilmu pengetahuan yang diamanatkan Allah kepadaku untuk disampaikan itu adalah bagaikan hujan lebat yang turun ke bumi. Dari sebagian bumi tersebut ada yang subur yang dapat mengendapkan air lalu menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dan rumputrumputan yang banyak. Dari sebagian bumi tersebut ada yang gersang yang hanya menampung air yang oleh Allah dimanfaatkan untuk manusia sehingga bisa dipergunakan untuk minum, meminumi ternaknya, dan kepentingan pertanian. Dan hujan tadi juga turun ke bagian bumi yang lain, hanya saja bagian bumi ini merupkan tanah yang keras dan datar yang tidak dapat menampung air dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan. Demikian itulah, perumpamaan orang pandai dalam agama Allah dan memanfaatkan apa yang diamanatkan Allah kepadaku, kemudian setelah ia mengetahuinya lantas mengerjakannya; perumpamaan orang takabur yang tidak mau mempedulikannya; dan perumpamaan orang yang tidak mau menerima petunjuk Allah yang ditugaskan kepadaku untuk menyampaikannya (H.R. Muslim: 4232)

Baca juga: Hikmah Keutamaan Menuntut Ilmu dan Menuntut Ilmu dalam Keseharian dan soal materi menuntut ilmu pilihan ganda essay😉

Orang yang berilmu dan mengajarkannya diibaratkan hujan turun di tanah yang subur. Hujan itu dapat menumbuhkan tanaman dan dapat dimanfaatkan manusia. Semua itu berarti membuat kesejahteraan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Hadits tentang Menuntut Ilmu (Hadits Manfaat, Keutamaan, Keistimewaan Lengkap)"

Posting Komentar