Pengertian & Bacaan/Huruf Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah | Contoh Bacaan Al-Syamsiyah dan Al-Qomariyah

Pengertian Alif Lam Syamsiyah
    Kata asy-syamsiyah berasal dari kata kata Arab, yaitu syams yang berarti matahari. Kata asy-syamsiyah mengandung pengertian seperti matahari. Matahari memiliki sinar yang terang dan tajam sehingga sinar-sinar yang lain kalah. Bacaan alif lam dinamakan alif lam syamsiyah karena keberadaan huruf-huruf syamsiyah seakan menghalangi keberadaan alif lam. Dengan demikian, alif lam pada hukum bacaan alif lam syamsiyah lebur ke dalam huruf syamsiyah.

Pengertian Alif Lam Qomariyah
    Kata qamariyah berasa dari kata qamaru yang berarti bulan. Kata qamariyah mengandung makna seperti bulan. Keredupan bulan ini membuat cahaya lain mampu tampil mencolok dan mengalahkan cahaya bulan pada malam hari. Makna seperti bulan ini diterapkan dalam bacaan alif lam qamariyah. Adanya huruf-huruf qamariyah menyebabkan suara alif lam tetap tampak. Suara alif lam tetap dibaca jelas.

Alif lam ini menempel pada kata benda atau isim dalam bahasa Arab. Adanya alif lam pada kata benda menunjukkan pengertian tertentu untuk benda yang dimaksud. Dalam ilmu tajwid, cara membaca lafal kata benda yang diawali alif dan lam ada dua. Kita bisa membaca alif lam syamsiyah atau alif lam qamariyah.
1. Huruf-Huruf Alif Lam Syamsiyah
    Bacaan alif lam syamsiyah terjadi jika alif lam makrifat diikuti oleh huruf syamsiyah. Huruf syamsiyah terdiri atas empat belas huruf, yaitu
Huruf-Huruf Alif Lam Syamsiyah
Cara membaca alif lam syamsiyah adalah bunyi huruf lam melebur pada huruf sesudahnya. Contoh alif lam syamsiyah yaitu pada ayat berikut ini.
Contoh bacaan alif lam syamsiyah
Kalimat tersebut dibaca wat-ti-ni waz-zaitu-ni bukan wal-ti-ni wal-zaitu-ni. Alif lam pada ayat tersebut tidak dibaca dan langsung masuk pada huruf ta sehingga dibaca wat-ti -ni waz-zaitu-ni. Dalam mushaf-mushaf Al-Qur’an yang beredar di Indonesia, lafal yang mengandung hukum bacaan alif lam syamsiyah biasanya diberi tanda tasydid.
Contoh-contoh bacaan alif lam Syamsiyah
contoh-contoh alif lam syamsiyah
Alif lam pada contoh-contoh tersebut mengandung hukum bacaan alif lam syamsiyah karena alif lamnya bertemu dengan huruf ra, za, ta, nun, sad, dan syin. Huruf-huruf tersebut termasuk huruf syamsiyah.

2. Huruf-Huruf Alif Lam Qamariyah
    Bacaan alif lam qamariyah terjadi jika ada alif lam makrifat bertemu dengan huruf qamariyah. Huruf qamariyah terdiri atas empat belas huruf hijaiah, selain yang termasuk huruf syamsiyah, yaitu
Huruf-Huruf Alif Lam Qamariyah
Cara membaca alif lam qomariyah adalah lam dibaca jelas. Contohnya yaitu:
Contoh tersebut dibaca al-qamaru bukan aqqamaru. Alif lam pada kata tersebut tetap terbaca dengan jelas disusul oleh bunyi huruf qaf yang mengikutinya. Ciri khas untuk lafal yang mengandung hukum bacaan alif lam qamariyah adalah harakat sukun yang terletak di atas huruf alif lam.
Contoh-contoh bacaan alif lam Qomariyah
contoh-contoh bacaan alif lam qomariyah
(Sumber Ref: Buku PAI)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian & Bacaan/Huruf Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah | Contoh Bacaan Al-Syamsiyah dan Al-Qomariyah"

Posting Komentar